Mount Otomatis NTFS di Slackware

16 12 2010

Bagi sebagian orang yang baru bermigrasi dari OS berbayar ke OS Open Source pasti memiliki partisi yang masih menggunakan file sistem dengan format NTFS. Hal ini pun terjadi pada saya. Saya masih memiliki partisi dengan jenis NTFS. Saya memiliki banyak data didalamnya. Dan bila saya ingin format partisi tersebut dengan file sistem sesuai dengan linux seperti ext maupun reiser, sangat membutuhkan waktu. Solusinya adalah melakukan mounting terhadap partisi tersebut.

Saya awalnya melakukan mounting seperti halnya yang saya lakukan di Ubuntu (sebelumnya saya sempat pakai Ubuntu), tapi di Slackware hanya bisa melihat dan membacanya tapi tidak bisa menulis dan menyimpan file di partisi tersebut. Solusinya adalah googling.

Pada kasus saya, saya memiliki 2 hard disk di PC saya.
Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Cek partisi hard disk => # cfdisk /dev/hdb
Partisi yang ingin saya mount terdapat pada /dev/hdb6

2. Buat direktori mount => # mkdir /mnt/data

3. Install paket fuse (download)
Ekstrak => # tar xvfj fuse-2.8.5.tar.gz
Masuk ke direktori => # cd fuse-2.8.5/
Compile => # ./configure
Install => # make
# make install

4. Install paket ntfs-3g (download)
Install => # installpkg ntfs-3g-2010.10.2.tgz

5. Edit file /etc/fstab => # nano /etc/fstab
Tambahkan tulisan berikut diakhir baris
/dev/hdb6 /mnt/data ntfs-3g defaults 0 0
Perintah tersebut berarti me-mount partisi /dev/hdb pada /mnt/data
Save file tersebut.

6. Reboot mesin anda. Dan partisi akan ter-mount secara otomatis.


Actions

Information

Leave a Reply

